Tuesday, October 25, 2011

Self Branding


Tadi baru ikut semacam seminar, ^^, mengenai self branding. dan gara-gara seminar itu jadi pengen nulis blog lagi deh... Blog ini udah lama terlantarkan banget. Cuma pengen buat tapi gak dimanage, bener-bener membuat sesuatu yang berharga menjadi sia-sia.
Ok, kembali ke Self Branding, pernah nggak kalian mengoogling nama kalian di google. Itu merupakan pertanyaan pertama yang dilontarkan pembicaranya, namanya "Pak Danu Widhiyatmoko" - maaf jika ada salah penulisan. dan apa yang keluar, setelah itu? tanyanya lagi, dan banyak yang menjawab facebook, twitter, akun-akun jejaring sosial kita. Tapi apakah pernah ada yang mendapat jawaban dari google "Tidak ada yang cocok dengan kata kunci"?
Hmmm, jujur saya sempet mikir kayaknya nggak bakalan ada deh. tapi who know??? ^^
Ok, intinya, sekarang informasi apa pun mengenai kita, bisa didapatkan orang lain melalui google,informasi itu tentu bisa yang jelek dan yang buruk, benar entah salah. Tetapi, orang yang membacanya atau melihatnya akan menganggap hal itu benar, apalagi di zaman sekarang, banyak sekali yang percaya tentang informasi dari internet. Dan yang mereka lihat itu lah yang akan menjadi self branding bagi diri kita sendiri...
Jika kita ingin punya self branding yang bagus, maka kita bisa mengubah hal-hal yang menurut kita buruk yang ada di akun-akun jejaring sosial kita menjadi hal-hal yang baik. Misalnya saja kita pernah mengupload foto yang "jelek" (kan relatif) menurut kita, yang dapat menghancurkan pasaran kita, maka sebaiknya dihapus saja. Hehehe, karena sekarang ini juga banyak perusahaan yang menyeleksi karyawannya melalui akun-akun sosial calon karyawan tersebut. Perusahaan tersebut menilai caranya bersosialisasi, caranya berfoto, caranya berwall-wall ria dengan temannya, bertweet-tweet ria dengan followersnya, and cara-cara lainnya. Semua penilaian itu akan berakhir ke analisa tentang siapa calon itu sebenarnya. Jadi jika teman-teman mau mencari pekerjaan, maka buatlah self branding kita, yang dapat dicari oleh orang lain melalui google dan teman-temannya, menjadi lebih baik, janganlah membuat ketika nama kita dicari maka yang muncul adalah informasi yang jelek tentang kita.
Hmmmm, lalu gimana ya, kalo nama kita pasaran??? Seperti nama saya, kalau digoogling, yang punya nama itu banyak sekali, dari cewek sampe cowok, lalu bagaimana orang dapat tahu yang mana saya, atau bagaimana jika ada orang yang salah menganggap orang lain adalah saya, dan mendapat informasi yang salah tentang saya??? Hmmm, ada yang bisa jawab???
Oleh karena itu, kita harus membuat sebuah "good name" atau "nama bagus", yang harus kita pakai kapan saja dan di mana saja, jadi ganti semua nama akun sosial kita dengan itu, blog kita dengan nama itu, email kita, dan jika kita post sesuatu ntah itu di forum atau mengkomentari sesuatu, tinggalkan signature kitadengan nama bagus itu. Diharapkan nama bagus itu dapat membantu self branding kita.
Sorry ya, jika postnya random thing gini, terus kata-kata juga random... wkwkwkw
enjoy it and hope it will be useful for us...^^
Visibility creates opportunities.
WW's Stories

No comments:

Post a Comment