Sunday, October 30, 2011

Give and Take or Take and Give


Hari Minggu bangun pagi buat ke Vihara. Mesti rajin beribadah teman-teman, biar dapat sesuatu yang baik, dan tercerahkan seiap minggunya.
Ok, di vihara tadi, ada seorang Mr. yang kayaknya udah Indonesia banget, soalnya bisa ngomong Jawa. Namanya si aku nggak inget, atau lebih tepatnya aku nggak jelas dengerin namanya siapa. Mungkin Wido, Huido, Dwido, nggak jelas juga, yang aku yakin cuma belakangnya pake do. :) Jadi kita panggil Mr. Do aja ya.
Mr. Do ini sedikit bicara tentang fenomena yang dia anggap cukup aneh di Indonesia, tentang give(memberi) dan take(menerima). Kata Mr. Do, di negaranya dulu istilah give sama take ini selalu Give and Take atau Memberi dan Menerima yang berarti kita haruslah memberi lebih dahulu baru kelak menerima hasilnya, yaitu karma baik.
Tetapi di Indonesia dia lebih sering mendengar istilah Take and Give atau Menerima dan Meminta yang harusnya berarti menerima sesuatu dulu baru ingin memberi sesuatu kepada orang lain. Hmmm, gimana menurut teman-teman??
Kalo aku inget-inget, di Indonesia istilah yang sering dipake itu emang take and give. Apakah itu berarti orang Indonesia lebih suka membalas perbuaan seseorang kepadanya,baik baik atau buruk, dibandingkan melakukan perbuatan baik ke orang?
Atau karena orang Indonesia yang masih bingung sama istilah asing take and give.
Untuk direnungkan aja, apakah selama ini kita take dulu baru give, atau cuma take aja tanpa give, atau udah give dulu baru take. Aku sendiri merasa kalau aku masih sering take and give, tapi gara-gara denger sharing dari Mr. Do ini jadi pingin merubahnya jadi give and take. Temen-temen juga ya, lakukan give and take, jangan kebalikannya, atau take aja... Ow ya, kalo kita udah give kita pasti take sesuatu loh, tapi kalau kita take sesuatu belum tentu kita give sesuatu. Jadi pilih yang mana? Give ot take? Give and take or take and give? ^^

No comments:

Post a Comment